Minggu, 22 Januari 2017

Resep Membuat Cimol Bandung Goreng Empuk dan Enak

Resep Cimol - Jajanan ini sudah tidak terdengar asing lagi apalagi kalau anda yang dulu waktu sekolah sd sering sekali jajan di depan sekolah beli sama abang abangnya. Jika anda kangen dengan cimol dan susah menemukan penjualnya maka harus berinisiatif untuk mencoba bikinnya sendiri.

Cimol yang merupakan singkatan dari aci di gemol dan berarti menggunakan tepung kanji sebagai bahan utamanya. Dengan bahan tersebutlah yang menjadikan teksturnya kenyal dan empuk namun akan jadi lebih enak dengan tambahan bahan lainnya. Ada beberapa faktor penyebab kadang cimol bisa jadi lembek dan tidak enak, mungkin karena yang bikin tidak beraturan ataupun ada ketinggalan bahan penting.

Untuk bahan cimolnya adalah
50 gram untuk tepung berastepung kanji sebanyak 200 gramgaram150ml untuk air panas1/2 sdt untuk soda kuemerica bubuk sebanyak 1/2 sdt
Untuk sausnya

250ml untuk aircabai rawit sebanyak 6 buah2 sdm gula pasir dan 1 sdt untuk garamgula merah sekitar 50 gram, disisir3 sdm untuk air asam jawabawang putih sekitar 3 siung, haluskan
Cara membuat cimol
Pertama harus campurkan tepung kanji, tepung beras dengan merica, garam dan juga air panas. Sobat aduk dulu.Jika sudah mengental maka bisa tambahkan soda kue, sobat aduk lagi.Ambil sedikit adonan dan bikin jadi seperti kalereng. Sobat lakukan sampai semua adonan habis. Kemudian goreng sampai matang.Untuk sausnya, rebus semua bahan saus cimol sampai mendidih dan matang. Saring dan sajikan saus tersebut bersama cimol.
Ada banyak penyajian yang dilakukan untuk resep cimol kering terbaru yaitu bisa ditaburi bumbu balado pedas ataupun saus kacang juga tidak kalah enak kok. Jadi agar tidak bosan anda bisa variasikan penyajian cimol sesuka hati bunda semua.

Sumber: http://www.resepmasakanlengkap.com/2014/10/resep-cimol.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar